-->

Membuat Database Login Admin

1. Pastikan anda telah menginstall software XAMPP di Laptop atau Personal Computer ( PC ) anda. Lalu jalankan aplikasinya.


2. Buka browser anda, lalu ketikkan ”localhost” (tanpa tanda kutip) di adress bar browser anda dan tekan enter. Nantinya anda akan melihat halaman utama dari aplikasi XAMPP.

3.Setelah halaman utama XAMPP tampil, klik submenu ”phpMyAdmin” (tanpa tanda kutip) di Menu Tools.

4.Ketika tampilan submenu ”phpMyAdmin” (tanpa tanda kutip) tampil, langsung saja klik Menu ”SQL” (tanpa tanda kutip).
 

5.Ikuti dan ketikkan script yang ada di gambar dibawah dengan teliti. Setelah selesai diketik, klik ”Go” (tanpa tanda kutip) dan tunggu hingga proses selesai.

6.Ketika proses loading telah selesai, maka inilah hasilnya :

7.Selamat! Anda sudah berhasil membuat database. Langkah selanjutnya adalah membuat tabel di database yang tadi dibuat.Untuk membuatnya, anda harus meng-klik Menu ”SQL” (tanpa tanda kutip).

8.Ketikkan Script yang ada digambar dibawah ini dengan cermat dan teliti. Lalu klik ”Go” ketika sudah selesai dan tunggu proses loading.

                9.Jika berhasil, maka akan muncul ”login_rena” (tanpa tanda kutip) di atas pilihan ”Create Table” seperti yang ada digambar dibawah ini :

10.Selamat! Sekarang anda sudah bisa membuat tabel didalam Database. Langkah selanjutnya adalah mengisi record didalam tabel ”login_rena” tadi, dengan cara meng-klik tombol ”Clear” untuk menghapus Script sebelumnya dan masukkan Script seperti digambar dibawah lalu klik tombol ”Go”.

11.Setelah berhasil, maka seperti inilah tampilannya :

Oke, anda sudah berhasil membuat database dengan table dan record yang telah terisi sehingga menjadi sebuah kerangka database. Ini belum berakhir, masih ada step-step selanjutnya yang harus anda ikuti. Tugas yang selanjutnya adalah menghubungkan database tadi ke halaman web anda. Sebelum itu, salinlah folder web anda ke folder installan XAMPP di C/xampp/htdocs/.



                12.Buka ”Notepad” lalu ikutilah script yang ada dibawah ini lalu disave dengan nama ”koneksi.php” (tanpa tanda kutip).
 

13.Setelah itu, buka ”Notepad” baru dan masukkan script yang ada digambar dibawah ini lalu disave dengan nama ”ceklogin.php” (tanpa tanda kutip).
 
14.Selanjutnya, anda tinggal membuat halaman Login berformat ”html” sesuai keinginan anda. Good Luck!

semoga bermanfaat untuk kritik dan saran tinggalkan komentar dibawah.
 
 
 
 


 

5 Responses to "Membuat Database Login Admin"

  1. Replies
    1. silahkan dicoba semoga berhasil

      Delete
  2. Harus berkali kaliane baca nya gan baru paham ..
    maklum gan , newbie , hehehe ...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel